Manfaat Jinten Hitam

Manfaat Jinten Hitam (habbutussauda)

Jintan-Hitam

Biji Jinten hitam adalah salah satu rempah yang memiliki sifat penyembuhan alami yang kuat. Seperti namanya, jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis mirip bulan sabit. Pada awalnya Ramuan jinten hitam ini berasal dari Mesir, negara-negara di Timur Tengah, dan  juga banyak digunakan oleh masyarakat India. Habbatussauda merupakan obat yang dianjurkan dalam agama Islam, bahkan Rasullullah Alaihi Wassallam menyebutkan dalam HaditsNya yang berbunyi ” Tidak ada satupun penyakit melainkan dalam habbutussauda terdapat kesembuhan padanya, kecuali kematian ( H.R.Muslim).

Manfaat Jinten Hitam (habbutussauda)

1. Sumber gizi

Habbatussauda mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan potassium. Meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit oleh tubuh, unsur-unsur tersebut berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi bermacam enzim. Jintan hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak dapat disintesis di dalam tubuh kita sehingga perlu diambil dari luar.

Untuk suplemen gizi, Anda bisa mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda tiga kali sehari.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama pada pasien yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi kapsul habbatussauda 1 gram, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif hingga 72%. Peningkatan kekebalan tubuh ini berperan penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

3. Obat asma dan alergi

Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem imun tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone pada jintan hitam memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar penderita asma bronkhitis dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping.

Untuk pengobatan asma dan alergi, ambillah secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda. Campurkan dan minum di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindari makanan dingin dan pemicu alergi

4.Mengobati peradangan

Thymoquinine yang terkandung dalam jintan hitam adalah obat anti inflamasi yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan minyak jintan hitam untuk salep yang diterapakan pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, kemudian cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam.

Untuk pengobatan peradangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

5. Meningkatkan jumlah ASI

Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah susu untuk ibu yang menyusui,  karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi. Namun sayangnya, masih belum banyak yang diketahui tentang keamanan menggunakan biji hitam saat menyusui.

6. Meningkatkan kecerdasan dan mencegah alzheimer

Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak,  dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

.

Tinggalkan komentar